Senin, 23 Februari 2015

Antusiasme

Salam Energize,
Enthusiasm adalah keinginan (desire) yang melahirkan kesungguhan (passion) karena adanya sebuah harapan (hope) tertinggi untuk menjadi yang terbaik (The Telkom Way)

Video berikut ini memberi pemahaman praktis Apa dan Mengapa Antusiasme itu penting ? Mari kita saksikan video berikut ini


Enthusiasm atau Antusiasme berasal dari kata En yaitu In yang berarti di dalam dan Thuas yaitu Theos yang berarti Tuhan. Antusiasme  bermakna Spirit Tuhan ada di dalam diri. Antusiasme itu ibarat cahaya akan semakin terang di situasi gelap.

Why :  Mengapa Antusiasme itu Penting ? Diera digital ini, dunia semakin VUCAT yaitu V = Volatility dalam arti rapuh, akibatnya nilai tukar atau indeks mudah berfluktuasi. U = Uncertenity dalam arti  tingkat ketidakpastian yang tinggi, akibatnya tingkat akurasi suatu keputusan semakin rendah. C = Complexity dalam arti  semakin complex, akibatnya pengambilan keputusan membutuhkan variabel yang lebih banyak. A =  Ambiquity dalam arti keputusan yang diambil mengandung nilai ambiqu atau dilema. T = Turbulance dalam arti sesuatu yang kita pandang kecil dalam suasana tenang mampu mengguncang bahkan mengubah keputusan yang sudah diambil. Untuk itulah dibutuhkan  Tuhan  atau suara Tuhan dalam diri pengambil keputusan. 

Contoh kasus,  Dilema pengambilan keputusan untuk menetapkan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. Situasi turbulence di ruang publik, di rana politik dan hukum diantara kepentingan dan tekanan menambah kerumitan untuk mengambil keputusan yang ditunggu-tunggu publik secara Antusias. Jokowi  akhirnya mengusulkan calon Kapolri baru yaitu Komjen Badrodin Haiti  untuk disetujui DPR. Itulah alasan mengapa Antusiasme itu penting.   

How :  Bagaimana meningkatkannya  ?
1. Sensitivity. Melatih diri untuk meningkatkan sensitivitas mendengarkan suara hati nurani yang paling murni,  yaitu suara Tuhan.
2. Never Give Up. Bertumbuh dan berkembang melalui semangat pantang menyerah.
3. Authentic. Menjadi diri sendiri yang didorong oleh nilai nilai yang selaras antara nilai nilai  personal, nilai nilai profesional, nilai nilai korporasi dan nilai nilai publik.

5 Tantangan menjadi Antusias :
1. Mempertahankan  Passion. Kita harus memiliki passion atas apa yang dikerjakan. Passion artinya kita sangat menyukai dan bersemangat atas apa yang sedang dikerjakan. Rasa itu harus dibangun dan pertahankan saat bangun pagi hingga akan tidur. Passion itu akan menjaga antusias kita tetap tinggi walaupun sedang berada  dalam situasi sulit. Cintailah apa yang dikerjakan, maka antusiasme itu akan datang.

2. Bersyukur dalam situasi apapun. Salah satu cara untuk tetap antusias adalah selalu bersyukur atas apa yang telah kita miliki saat ini. Curahkan rasa syukur atas apa yang kita alami sekarang lalu ubah rasa syukur itu menjadi energi untuk menjadi semangat mengerjakan tugas kita. Kadangkala kita mudah melupakan berkah dan rezeki yang diberikanNya dan lebih mengingat kesulitan-kesulitan yang kita hadapi. Ingatlah setiap hal baik yang terjadi pada kita hingga saat ini dan bagaimana hal-hal kecil itu membuat diri kita yang sekarang. Bersyukur adalah cara yang paling ampuh untuk membuat kita antusias dalam hidup.

3. Berfikir positif. Antusiasme tidak dapat bertahan dalam lingkungan dan suasana yang negatif. Saat memandang sesuatu secara negatif, cepat atau lambat antusiasme yang kita miliki akan hilang. Selalu lihat dari sisi baik. Jadilah pribadi yang positif dalam setiap keadaan. Bahkan dalam situasi yang burukpun, ada sisi positif dan  hikmah yang bisa kita ambil. Antusiasme akan segera menglir dalam tubuh kita. Pertahankan selalu pandangan positif untuk mencapai tujuan yang sudah kita tetapkan.

4. Menjadi proaktif. Saat menjadi inisiator atas suatu hal maka itu akan menuntut perhatian dan energi kita. Di saat itulah antusiasme kita dapat menyala. Jadilah leader, beri inspirasi pada orang lain di sekitar Anda. Berilah insipirasi orang lain untuk sesuatu di mana kita memiliki passion. Melihat orang-orang di sekitar kita terinspirasi akan melipatgandakan antusiasme. 

5. Miliki semangat pertumbuhan. Keberhasilan hakikatnya adalah terus menyempurnakan kualitas pertumbuhan  dalam visi  dan misi yang telah di tetapkan. Artinya, kita selalu perlu berkembang dan menyempurnakan diri. Memastikan bahwa setiap hari kita semakin baik adalah cara yang penting untuk mempertahakankan antusiasme. Selalu di sadari bahwa setiap langkah dan setiap momen memiliki arti dan tujuan untuk hidup kita dan menjadi fondasi untuk sukses kita di masa depan. Semakin dekat kita dengan cita-cita semakin berat tantangannya. jadi, teruslah memperbaiki diri dan berkembanglah.

Learning Point :  Pembelajaran apa yang diharapkan dari  Antusiasme ini ? Dengan Antusiasme yang menyala-nyala,  diharapkan memiliki keyakinan dan philosopy to be the best untuk membangun semangat always the best. JHM

Artikel Terkait : Totalitas http://jhmanurung.blogspot.com/2015/02/totalitas.html

1 komentar:

  1. jaga antusiasme.

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus